Skip to main content

Tip Belajar yang baik dan Benar

Tip Belajar yang baik dan Benar

1. Mulailah dari yang “kecil”
Mulailah belajar dari topik yang paling anda kuasai / gampang..
Setelah itu barulah dilanjutkan dengan topik yang lebih “menantang”..
Hal ini dimaksudkan agar kita tidak langsung down dan putus asa jika mengerjakan soal2 sulit terlebih dahulu..

2. Sering-seringlah “practice”
Latihan dan latihan itulah kunci untuk mahir dalam suatu mata pelajaran..
Semakin banyak anda mengerjakan dan memahami soal semakin terbiasa pula anda dalam mengerjakannya..

3. Fokus
Ketika belajar, kita dituntut untuk serius..
Jangan setengah hati..
Karena pikiran kita tidak dapat melakukan / memikirkan beberapa kegiatan / hal dalam satu waktu..

4. Malu bertanya sesat di jalan
Jika anda menemukan masalah dalam belajar, jangan malu untuk bertanya pada orang2 sekitar anda..
Dapat berupa guru, teman, orang tua, kakak, dll (yang pasti orang2 yang mampu membantu anda, jangan malah “menyesatkan” anda dengan jawaban yang asal2an)

5. Mohon bimbingan-NYA
Jangan lupa banyak2 berdoa..
Karena selain dari nilai religi-nya, hal tersebut dapat membuat kita lebih fokus ketika belajar dan dapat membuat pikiran kita lebih tenang..

Trus masalah yang paling sulit adalah semangat untuk belajar..
Dan kebetulan gw juga ada beberapa “jurus” yang terbukti “jitu” (bagi gw dan kebanyakan orang yang telah mengaplikasikannya) untuk menciptakan suatu suasana fun ketika belajar dan agar tidak cepat suntuk:
1. Lengkapilah materi pelajaran anda / buku catatan anda dengan gambar-gambar jangan hanya sekedar tulisan.

2. Hiasilah materi pelajaran anda / buku catatan anda dengan menggunakan tinta yang beraneka ragam (bukan hanya satu / dua warna) karena hal tersebut mampu mempengaruhi sistem otak kita, dan menciptakan suatu suasana menarik / semangat ketika membacanya.

3. Membuat catatan kecil.
Nb: Dapat saja berupa fakta-fakta unik seputar hal-hal yang sedang kita pelajari

4. Membuat trik sendiri / Menyisipkan trik untuk memudahkan anda dalam belajar.
Mis: dalam menghafal zat yg terdapat dalam lambung >> “Aku PEREk MUda”
1. Asam Klorida (HCl)
2. PEpsin
3. REnin
4. MUcin
Nb: trik yang dibuat boleh saja agak “lucu / berbau negatif” karena kita akan lebih mudah mengingat hal-hal yang bersifat lucu / “nakal”

5. Belajar dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yg menarik seperti computer / lebih spesifiknya internet
Salah satu contohnya itu adalah Y!A. Anda dapat belajar dengan menjawab pertanyaan orang lain (tentunya untuk menjawab anda harus bolak-balik buku / search google maka dari hal tsb anda akan belajar sesuatu yang baru dan secara tidak sengaja minat anda untuk mempelajari hal-hal baru akan terpacu dan mampu menjadi modal anda untuk melajar dengan gembiria).

6. Belajar kelompok. Dalam sebagian kasus murid2 malas belajar karena mereka hanya sendiri namun dengan adanya teman-teman anda akan menjadi terpacu untuk saling berkompetensi menyelesaikan soal serta ada teman yg dapat membantu anda apabila anda kesulitan untuk mengerti suatu soal.

7. Anda harus punya tekad yg kuat.
(asal ada niat semua pasti bisa… ^^)

Semoga bermanfaat.. ^^

Comments

Popular posts from this blog

Nanda Approved Nursing Diagnosis 2010 -2011

NANDA Approved Nursing Diagnosis 2007-2008 contains 188 nursing diagnosis, latest NANDA-I Approved Nursing Diagnosis 2009-2011 contains an additional 21 new nursing diagnosis, 9 revisions diagnosis and some of diagnosis are not used again. Total nursing diagnosis at this time is 205 nursing diagnosis. Nanda I usually revised every 2 years, but this time NANDA I publish a list of NANDA Nursing Diagnosis for period of three years. for complete list of NANDA Approved Nursing Diagnosis 2009-2011, Source : Nanda - Approved Nursing Diagnosis 2010 -2011 : http://ncp-blog.blogspot.com/2010/11/nanda-approved-nursing-diagnosis-2010.html Related Articles

Nursing Diagnosis for Rheumatoid Arthritis (RA)

Nursing Diagnosis for Rheumatoid Arthritis (RA) Rheumatoid Arthritis (RA) is a chronic, systemic inflammatory disorder that may affect many tissues and organs, but principally attacks synovial joints. The process produces an inflammatory response of the synovium (synovitis) secondary to hyperplasia of synovial cells, excess synovial fluid, and the development of pannus in the synovium. The pathology of the disease process often leads to the destruction of articular cartilage and ankylosis of the joints. Rheumatoid arthritis can also produce diffuse inflammation in the lungs, pericardium, pleura, and sclera, and also nodular lesions, most common in subcutaneous tissue. Although the cause of rheumatoid arthritis is unknown, autoimmunity plays a pivotal role in both its chronicity and progression, and RA is considered a systemic autoimmune disease. Nursing Diagnosis for Rheumatoid Arthritis (RA) Acute Pain / Chronic related to distention of tissue by the accu

Psyciatric Nursing Care for Elderly

Mental Health Nursing Care for the Elderly Every year the definition of elderly changes, but maybe its fair to talk about the age of 65 as being the start of elderly. While this definition is somewhat arbitrary, it is many times associated with the age at which one can begin to receive pension benefits. At the moment, there is no United Nations standard numerical criterion, but the UN agreed cutoff is 60+ years to refer to the older population. Elderly mental health care is an important issue that affects almost one in every five American adults who are in fact known to be affected by some form of mental illness or the other. These mental illnesses include suffering from dementia and psychosis, delirium as well as depression and schizophrenia. Elderly mental health care today suffers from many lacunae and among these lacunae is the fact the majority of elders suffering from mental ailments shirk from getting them treated. It is commonly found that such elders will